Pengalaman SIPENMARU POLTEKKES Bandung 2015/2016

by - 00.51.00

Hai readers..  Selamat datang kembali di tulisan aku :D

Kali ini aku mau cerita pengalaman lagi, kali ini tentang SIPENMARU POLTEKKES BANDUNG 2015. Atau bisa di sebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Bandung tahun akademik 2015/2016.


Okay, aku mau jelasin dulu, Apasih itu poltekkes bandung? 

Sama seperti tulisan sebelum nya, gak jauh dari Sekolah kedinasan. Politeknik Kesehatan Bandung atau yang biasa disingkat

Poltekkes Bandung adalah sebuah institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Bandung merupakan satu dari 32 Poltekkes

yang ada di Indonesia. Politeknik Kesehatan Bandung ini berlokasi di Bandung. (Sumber : wikipedia) 


Kenapa aku bisa memilih lanjut mendaftar di kesehatan? Alasan aku itu simple, mau jurusan apapun atau bidang apapun, yang penting itu sekolah kedinasan, bukan pts atau ptn. Tujuan aku hanya ingin menurut ilmu di sekolah kedinasan. Dan kenapa aku memilih lokasi di bandung?  Alasan pertama, aku ingin pergi jauh dari rumah, aku ingin menuntut ilmu di kota lain, tidak ingin di sekitar tempat aku tinggal, lari dari segala kenangan buruk agar semua hilang karena kepergianku . Alasan kedua, peluang keterima tahap pertama lumayan besar. 


Singkat cerita, saat ada pengumuman SIPENMARU, Aku mencoba untuk mendaftar. Aku mendapat jadwal tes pada tanggal 24 juni 2015. Lokasi nya? Tentu saja di Bandung. 

H-7 sipenmaru, aku pergi dari cikarang ke bandung. Di bandung, aku tinggal di rumah paman ku, kakak dari ibuku. Sesampainya disana, aku bukannya fokus untuk belajar, tapi malah mengajak teman kecil ku main. Ya, dulu sewaktu kecil aku tinggal dan sekolah di bandung, aku punya banyak teman, tapi yang jadi masalah, apakah mereka masih mengingatku seletah beberapa tahun berpisah dan menghilang? Aku pikir hanya beberapa teman terdekat aku saja yang ingat aku. 


Hari pertama ku di bandung, aku mengajak temanku yang rumahnya tak jauh dari rumah pamanku (tinggal jalan kaki), jalan-jalan ke alun alun bandung. Sudah sekian lama aku tak pernah pergi mengunjungi tengah kota bandung, apalagi alun-alun nya. Kami pergi naik angkutan umum. Seperti biasa, lebih senang menggunakan angkutan umum untuk berpergian, atau juga disebut 'ngebolang'. Banyak sekali suasana yang berubah saat aku datang di alun alun bandung. Jalanan nya ditata rapih ala ala eropa klasik, seperti jalanan yang ada di luar negeri, bangunan toko berjajar sepanjang jalan, bebas dari kendaraan umum yang lewat , tempat duduk yang biasa di sebut kursi taman berdiri dengan jarak sekitar dua meter sekali. Banyak perjalan kaki yang mengisi jalanan itu. Hingga kami berjalan sampai ujung, aku melihat suasana masjid agung bandung yang sangat berbeda saat terakhir kalinya aku ke bandung, sekitaran tahun 2011.  Tampak berbeda, taman yang luas di depan masjid yang dulunya berupa jalanan biasa, kini beralaskan rumput hijau yang ternyata bukan rumput hidup, tapi rumput buatan atau semacam karpet. Rumputnya terbentang luas mengisi halaman depan masjid agung. Membuat mataku sangat takjub dan segera ingin duduk di tengah lapangan yang ramai dijadikan tempat istirahat warga bandung itu. 


Eh kok jadi meleset ke cerita jalan2 sih? Oke balik lagi ke topik awal, aku tes tanggal 24 juni 2015 di kampus keperawatan bandung, di jalan Otten No. 32 Bandung. Lokasi nya dekat sekali dengan RSHS (hasan sadikin) .  Aku sampai di lokasi ujian jam 6. karena tes dimulai jam 8, maka harus persiapan datang pagi agar tidak telat. 


Karena aku percaya kepada tuhan ku dan ke ajaiban, aku menjalankan ibadah dengan setulus hati.  Terutama selain shalat wajib seperti shalat sunnah rawatib, shalat sunnah dhuha, shalat sunnah tahajjud. Dan tak lupa dzikir pagi dan dzikir petang selalu di lantunkan setiap hari selama aku sudah gagal dari tes tes sebelum nya.  Sambil menunggu pintu di buka, aku duduk diatas lantai tangga pintu masuk utama kampus, karna tadi berangkat terlalu pagi, aku belum baca dzikir pagi, aku pun membuka teks dzikir yang selalu aku simpan dalam ponselku. Aku melihat kanan kiri ku, peserta lainnya sibuk belajar dan mengisi soal di buku yang mereka bawa, ada pula yang sedang mengobrol dengan walinya. Sedangkan aku? Sendirian menatap ponsel. Aku baca dengan hati yang ikhlas seperti tiap hari aku membacanya. Aku sudah menyerahkan diri bagaimana nanti hasilnya. Entah lulus atau tidak,aku sudah menerima. 

Saat pintu di buka, aku masuk ke ruangan yang di umumkan oleh panitia sipenmaru. Aku mendapat kursi peserta di ruangan auditorium. 


Jurusan yang aku pilih di poltekkes bandung ini ada 2, pilihan pertama adalah keperawatan bandung, dan pilihan kedua adalah gizi. Materi yang di ujikan itu adalah matematika, bahasa inggris, IPA (fisika-kimia-biologi)  dan Bahasa Indonesia. Sebelum nya, aku hanya belajar dari soal-soal sipenmaru 2011,2012,2013,dan 2014. Soal yang dikerjakan saat tes jumlah nya ada 100 soal. Saat aku mengerjakan, aku sedikit mengerti, soal 2015 ini tidak jauh dari soal-soal sebelum nya yang aku pelajari. By the way gimana aku bisa dapetin paket soal sipenmaru?  Aku search di internet, lalu aku download. Soal-soal nya berbentuk scan-an, yang lalu di buat dalam bentuk pdf. Dan alhamdulillah tes nya lancar. 


Sesudah tes berjalan, aku kembali ke cikarang, ke tempat tinggal ku. Selang beberapa hari, eh atau mungkin minggu, aku lupa karena itu tahun 2015, dan sekarang saat aku menulis ini 2016, jadi agak lupa ya ingatan soal tanggal dan kapannya. Pokoknya, saat hari pengumuman, aku tidak berhenti dari pagi sampai siang menatap layar netbook, membuka situs web sipenmaru untuk melihat kelulusan.  Saat jam 2 siang lewat, pengumuman itu baru bisa di akses. Aku pun menulis nomor peserta dan password akun sipenmaru ku. Dan saat meng-klik tab pengumuman, alhamdulillah kabar menyenangkan datang padaku. Aku dinyatakan lolos utama tahap uji tulis di jurusan keperawatan bandung. Oh iya, kenapa aku sebut lolos utama?  Karena ada dua jenis kelulusan di sipenmaru ini. Ada lolos utama, ada lolos cadangan, kalau lolos utama itu artinya tinggal mengikuti langsung tahap berikut nya,sedangkan lolos cadangan itu harus menunggu konfirmasi dari panitia untuk mengisi kuota jika ada yang lolos utama tapi mengundurkan diri. 


Dan aku, lolos utama. Aku kembali ke bandung untuk registrasi tes tahap selanjutnya, tahap 2, yaitu tes kesehatan dan psikotes. Lokasi registrasi ada di kantor pusat poltekkes bandung Jl. Pajajaran No.56, Pasir Kaliki, Cicendo,Bandung, Jawa Barat. 

Pertama aku masuk keruangan yang sudah banyak peserta yang duduk untuk mengantri. Setiap jurusan, beda lokasi meja. Aku duduk di dekat bagian meja jurusan keperawatan bandung. Saat giliran diriku, aku di beri dua kertas bertuliskan alamat lengkap tes psikotes dan tes kesehatan berserta tanggal nya. Dan aku juga di berikan surat pengantar untuk tes psikotes. Setelah registrasi selesai, aku pulang. Naik apa? Naik angkutan umum. Selalu :D


Tes kesehatan, atau medical chek-up diadakan di  kantor pusat poltekkes bandung Jl. Pajajaran No.56, Pasir Kaliki, Cicendo,Bandung, Jawa Barat. Sama seperti kemarin saat registrasi, namun berbeda ruangan. Pagi hari, aku berbaris antrian mengikuti peserta lain yang menunggu pintu masuk dibuka. Ada sekitar 2 jam aku berdiri, sambil berbincang dengan kenalan di depan ku, dia orang bandung, dan orang tuanya lulusan STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) sama seperti ibuku. 

Setelah pintu di buka, Kami semua masuk dan duduk di tempat menunggu pertama, untuk registrasi pembayaran terlebih dahulu, saat pembayaran,semua peserta diberikan beberapa lembaran kertas yang akan di berikan kepada petugas kesehatan yang akan memeriksa, ada pula tabung untuk air kencing, dan ada juga semacam stiker untuk di pasang di kertas. Setelah itu, aku duduk di bagian tes kesehatan yang diperiksa oleh dokter. Disana di cek detak jantung, tekanan darah, mata, tht, pokoknya chek kesehatan biasa seperti dokter lainnya saat berobat, setelah itu cek tinggi badan dan buta warna, lalu setelah nya tes visus mata. Di tes visus mata ini bagiku sulit. Jadi, aku duduk di kursi dengan jarak beberapa meter yang jauh dari papan tulisan huruf yang ada di tembok, lalu sebelah mata di tutup dan menyebutkan semua urutan huruf dari yang terbesar sampai yang terkecil di ujung bawah bergantian kanan dan kiri. Aku tidak bisa melihat jelas saat huruf kecil ketiga dari bawah karena mata ku minus dan belum sempat di belikan kacamata karna aku risih dan tidak suka pakai kacamata. Selanjutnya, tes darah. Darah diambil dari lengan. Dan setelah itu menampung air kecing, di toilet ya.  Setelah menempuh berbagai macam tes, tinggal tes yang terakhir, di foto. Eitsss, bukan di foto bergaya dalam studio maksudnya, tapi foto rotgen toraks nya. Jadi aku beserta 4 orang lainnya, karena satu kloter itu lima orang,  masuk ke dalam satu ruangan yang sudah disediakan alat buat foto. Disana harus membuka total baju dan menggantikannya dengan baju kain yang disediakan. Lalu setelah ganti, aku berdiri menghadap belakang dari alat foto itu. Dan selesai sudah medical chek up nya. 


Pada tahap ini, aku sangat pesimis. Kenapa? Selain karena tinggi badanku yang kurang dari batas minimal, mata ku juga kurang jelas dan ada kemungkinan tidak lulus. 


Hari berganti, tinggal tes psikotes yang dijalani. Katanya sih, cuma untuk formalitas saja. Tempat tes psikotes adalah di BPIP Psikologi UNPAD yang beralamat Jl. Ir. H.Djuanda No.438-B, Dago, Coblong,Kota Bandung, Jawa Barat. Tes dimulai dari pagi sampai jam 2 siang,  sebelum masuk ruangan tes, semua peserta berbaris dulu untuk membayar dan memberikan surat pengantar yang waktu itu di beri. 


Tes psikotes dimulai. Tes pertama berupa soal yang ada di buku yang di sedia kan. Karena aku lupa soalnya seperti apa, aku hanya jelaskan saja, ada soal tentang kepribadian, antonim sinonim semacam nya, tes menggambar,tes warteg dan ada juga tes koran. 


Kenapa aku nulis nya singkat? Karena aku menyelesaikan jurnal ini di malam hari. Aku sudah lelah mengetik. (yeuhhh malah curhat) 


Oke, medical chek up dan psikotes sudah selesai dijalani.  Saatnya menunggu pengumuman tahap 2 saja.  Dan ketika pengumuman, kali ini harus mendownload pdf nya dan mencari nama di tabel terlebih dahulu karena di gabung dari beberapa jurusan.  Aku dinyatakan tidak lolos. Namaku tidak ada di tabel.  Firasat awal ku ternyata benar, aku tidak bisa lolos di tahap medical chek-up. Aku agak sedih dan kecewa. 


Di bagian tes ini ada pengalaman yang aku ambil. Keajaiban itu memang benar adanya. Allah akan melancarkan jalan saat kita benar benar ingin berjuang. Aku merasakan nya saat tes tahap 1.  Jadi, tidak perlu takut untuk mencoba. Percaya allah itu selalu di dekat kita. Maka allah akan membuat harapan kita menjadi terwujud. Dan aku percaya. 

You May Also Like

254 komentar

  1. Halo kak, salam kenal ya :) Kak, kl misalnya kita milih jurusan di poltekeks bandung tp tesnya di poltekkes yg terdekat itu bisa nggak? Atau harus tes di bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru baca komentarnya, setau saya, poltekkes bandung itu tes nya di bogor,karawang, dan bandung saja . Di luar daerah itu bisa daftar ke poltekkes daerahnya

      Hapus
  2. Kak, boleh minta soal latihan yang 2011-2015 nya ?
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf slow respon, boleh , ada alamat email yang bisa di hubungi untuk kirimnya?

      Hapus
    2. Ini kak almat emailnya rendi0507@gmail.com...
      terima kasih

      Hapus
    3. halo, boleh minta soal-soalnya? :D

      Hapus
    4. mau soalnya juga dong kak.. bisa kirim ke email aku gak kak?? d.karmelita@yahoo.co.id

      Hapus
    5. kak, boleh minta soalnya? kalo boleh send ke email itshasna@yahoo.com makasih ka sebelumnya, slm kenal

      Hapus
  3. Kak, aku juga mau latihan soal 2011-2015 | sekar.hanum23@gmail.com makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal sudah dikirim ya lewat email, dan maaf soal 2011-2014 hilang, 2014-2015 belum sempat di save untuk softfile karena ada di rumah dan jauh.. tapi ada tambahannya :)

      Hapus
    2. Ka mau minta soalnya jugaa , boleh ya ? Febiansyahpratma15@gmail.com , makasih kaa

      Hapus
  4. Tulisannya pas bgt lg saya cari :)
    Klo boleh minta latihan soalnya d krm k email hongstar236@gmail.com
    Sama mw tanya web pmb yg betul yg mn ?
    TRIms :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim ya soal-soalnya via email :) , kalau web pmb biasanya di web poltekkes kemenkes bandung nya langsung, tapi biasanya kalau dekat2 penerimaan begitu web suka dalam masa perbaikan, jadi susah di akses..

      Hapus
    2. halo sudah dapet soalnya? boleh minta tidak?:D

      Hapus
  5. Sudah masuk email-nya :)
    Ooo berati memang gitu yaa webnya...
    Makasii yaa buat info dan tulisannya :)

    BalasHapus
  6. kak aku mau minta soalnya juga boleh yaa? ahya_osh@yahoo.com

    makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. email sudah dikirim ya, terima kasih :)

      Hapus
    2. Saya pengen bekas soal soal nya kak ira.nurhalimah@gmail.com

      Hapus
    3. Saya pengen bekas soal soal nya kak ira.nurhalimah@gmail.com

      Hapus
  7. kak aku boleh minta soalnya juga ga? aku mau daftar juga soalnya tahun ini:) ctrmnca@gmail.com
    makasihh ya kak :):)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kaa boleh dikirim ga soal soal nyaaa. Insallah aku tahun ini mau maauk. Terimakasih juga ya buat infonyaa :) ini email ku : ayudiahhertika@gmail.com

    BalasHapus
  10. ka boleh minta soalnya yaa? rahmayantimila@gmail.com

    makasih sebelumnya ka

    BalasHapus
  11. Ka aku mau minta soal ya
    Email ku adindyasekar12@gmail.com
    Makasih ya ka sebelumnya

    BalasHapus
  12. kak Hanifa boleh minta soal buat latihannya ? kalau berkenan dan diperbolehkan saya minta ya hehe .... krim ke irsan46my@gmail.com

    terimakash ya kak Hanifa....

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mba, boleh minta soal latihan yang 2011-2015 nya..syukron jazakillah...
    Ini email ku.
    w_di84@yahoo.com

    BalasHapus
  15. Kak aku mau minta soal2nya boleh? Uci340@gmail.com makasih😉

    BalasHapus
  16. Wah makasih untuk pengalamannya kak hehe boleh minta soal tahun 2011-2015?
    aku tinggalkan email saja disini ya ka :)
    amalia.nsc@gmail.com

    BalasHapus
  17. Kaa aku juga mau soal nya dongg, ini email aku nya yaa kaa:)
    annisaasrisyabani@gmail.com

    BalasHapus
  18. Kaa klo boleh tau kaka gagal di tahap 2 karena apa yaa? Maaf cuman bertnya

    BalasHapus
  19. Kak boleh minta soal nya juga ngga? Hehe
    henihardianti98@gmail.com

    Makasih kak

    BalasHapus
  20. Kak boleh minta soalnya ngga? Kebetulan tahun ini saya mau daftar
    Titalelarosalina93@gmail.com
    Makasih kak😊

    BalasHapus
  21. Ka boleh minta soalnya ga? alamat email aku nofelianiken@gmail.com makasih kak

    BalasHapus
  22. Ka boleh minta soalnya ngga? Taun ini aku pejuang poltekkes tolong bantuannya kaka hehe. emailku hannafirdaus93@yahoo.com
    Terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  23. Ka boleh minta soalnya ngga? Taun ini aku pejuang poltekkes tolong bantuannya kaka hehe. emailku hannafirdaus93@yahoo.com
    Terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  24. ka mau minta soalnya boleh? alamat email nya novianiny60gmail.com . makasih ka

    BalasHapus
  25. Ka aku mau juga dong latihan soalnya ke email :y_indri85@yahoo.co.id makasih banyak kaa😊

    BalasHapus
  26. Ka aku mau juga dong latihan soalnya ke email :y_indri85@yahoo.co.id makasih banyak kaa😊

    BalasHapus
  27. Kak aku juga mau dikirim soal latihannya dong: liesna.fitriyani2015@gmail.com

    Terima kasih sudah berbagi pengalamannya.

    BalasHapus
  28. ka boleh minta soalnya juga? hehe ini email nya jeanydestysylvia14@gmail.com
    makasih..

    BalasHapus
  29. kak boleh minta soalnya, lagi butuh banget buat belajar
    ini email saya febyazis@yahoo.com

    BalasHapus
  30. Kak boleh minta latihan soal-soalnya? Ini emailnya Nurfadilahmira@gmail.com

    BalasHapus
  31. Kak boleh minta latihan soalnya? Ini email saya ka nabilaptralf@ymail.com

    Terimakasih ka :)

    BalasHapus
  32. Kak boleh minta soalnya? Ini email saya hanifnovita63@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya ya kak

    BalasHapus
  33. Kak boleh minta soalnya gak, soalnya tahun ini aku mau daftar ini email aku ka gitaanugraah13@gmail.com terimakasih kak

    BalasHapus
  34. Kak boleh minta soalnya gak, soalnya tahun ini aku mau daftar ini email aku ka gitaanugraah13@gmail.com terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru di cek :(
      tunggu ya, nanti di kirim ;)

      Hapus
  35. hayyy kaaa, aku pingin minta soal-soalnyaa jugaa ka.. anissannr@gmail.com ditungguu ya kaa makasihh heheh

    BalasHapus
  36. hayyy kaaa, aku pingin minta soal-soalnyaa jugaa ka.. anissannr@gmail.com ditungguu ya kaa makasihh heheh

    BalasHapus
  37. hayyy kaaa, aku pingin minta soal-soalnyaa jugaa ka.. anissannr@gmail.com ditungguu ya kaa makasihh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru di balas sayangku, nanti aku kirim yaa ;)

      Hapus
  38. Kak mau tanya kak, kenapa file dokumen laporan pengesahan dan nilai raafor yang saya upload tidak bsa dilihat kak? mohon di balas secepatnya ya kak :) makasih kak :)

    BalasHapus
  39. Kak aku juga pengen dongg soalnya:(
    Ini email aku stnurhsnh@gmail.com
    Makasih kak:)

    BalasHapus
  40. Kak aku juga pengen dongg soalnya:(
    Ini email aku stnurhsnh@gmail.com
    Makasih kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales :'D
      nanti ku kirim via email ya.. tunggu aja hihi

      Hapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Sangat membantu sekali tulisannya :)
    Aku minta soalnya ya kak, ini emailnya shntyds@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru di balas.. nanti aku kirim, tunggu yaa ;)

      Hapus
    2. Haii shanti.. Fidia boleh minta soal yg di kasih dari ka hanifa?

      Hapus
    3. Hai santi, saya boleh minta soal yang dikasih dari ka hanifa gak?

      Hapus
  43. Kak aku mau dong yahh soal soalnya ..
    Ini email nya nhadayanti2@gmail.com
    Terimakasih banyak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru di balas :(
      wait ya, nanti di kirim ;)

      Hapus
  44. Assalmualaikum ka, wah tulisan kaka seperti pertolongan bagi saya, hehehe.. Skr juga sedang mau berjuang menuju Poltekkes, maka dari itu apa boleh saya minta soal-soalnya juga ka..
    Ini e-mail saya
    rufakhairunnisa@gmail.com
    Terimakasih banyak, ka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa.. maafbangett ya baru sempat buka blog :(
      nanti saya kirim ya ;)
      semangaaaatttt berjuang ;)

      Hapus
  45. terimakasih informasinya kak,
    saya juga minta soal-soal poltekkes tahun-tahun sebelumnya boleh?
    e-mail saya
    wildarizki@yahoo.com

    terimakasih banyak kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa.. maaf ya baru sempat buka blog :(
      nanti ku kirim ya ;)

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. terimakasih informasinya ka , ka ingin dong soal-soal tahun kemarin, pengen shareing sma kaka juga, bolehh yaa ?
    ini e-mail saya : kharinanursabrina.9akh@gmail.com

    terimakasih kaka :)

    BalasHapus
  49. Kaa makasih banyak infonyaa, aku mau minta soal nya boleh sambil aku mau tanya tanya heheh ini email aku syifaandrie@gmail.com terimakasih kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. waaa.. boleh boleh.. nanti ya ku kirim ;)

      Hapus
    3. Makasih ka info nya, boleh minta soal-soal sebelumnya dong
      kirim aja ke sini natsuelrazy@gmail.com
      Makasih....

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. kak minta kirim filenya ke mikhsansanusi1@gmail.com terima kasih ya kak semoga Allah memberikan keberkahan

    BalasHapus
  54. Kak, berarti kalo yg matanya minus kecil kemungkinan diterima ya kak?:( btw aku juga insyaAllah mau ikut tes poltekkes taun ini. Boleh aku minta soal2 taun sebelumnya juga? Ke email arlisyahnaz@gmail.com makasih sebelumnya semoga jadi ladang pahala buat kk:)

    BalasHapus
  55. Kak, berarti kalo yg matanya minus kecil kemungkinan diterima ya kak?:( btw aku juga insyaAllah mau ikut tes poltekkes taun ini. Boleh aku minta soal2 taun sebelumnya juga? Ke email arlisyahnaz@gmail.com makasih sebelumnya semoga jadi ladang pahala buat kk:)

    BalasHapus
  56. ka boleh minta soal soalnya engga ka ke email saya mohon maaf menggunggu fauzifirqiantoo@gmail.com terimakasih ka

    BalasHapus
  57. Ka boleh minta soal poltekkes tahun 2011-2015 ga kak? Ini email aku kak hermaliyantiputri@gmail.com . Makasih banyak kak sebelumnyaa :)

    BalasHapus
  58. Ka boleh minta soal poltekkes tahun 2011-2015 ga kak? Ini email aku kak hermaliyantiputri@gmail.com . Makasih banyak kak sebelumnyaa :)

    BalasHapus
  59. makasih banyak kak atas infonyaa. sangat bermanfaat. btw, ka boleh minta soal soal nya juga gak kak. ke email mellina23crb@gmail.com . terimakasih banyak ka :))

    BalasHapus
  60. Infonya sangat bermanfaat kak:") terimakasih banyak:") saya pejuang poltekkes juga kak, dan mau bertanya kalau tinggi minimal berapa ya kak? Saya juga mau minta soalnya boleh kak?:) ke email d.shobiroh@gmail.com terimakasih banyak kak sebelumnya:)

    BalasHapus
  61. Febriyanti Dwi Lestari24 April 2017 pukul 08.07

    Kak aku boleh minta soalnya? Kirim ke @Febridwilestari.fd@gmail.com makasih ka��

    BalasHapus
  62. Makasih atas infonya ka
    Ka boleh minta soal poltekkes tahun 2011-2015?
    Ke email danuliyu@gmail.com
    Makasih ka☺

    BalasHapus
  63. Alhamdulillah😂😂. Kak saya boleh minta soalnya? Saya jg lg brjuang biar bisa msk poltks bdg😂😂
    Ini email saya kak riesta0709@gmail.com

    BalasHapus
  64. Alhamdulillah😂😂. Kak saya boleh minta soalnya? Saya jg lg brjuang biar bisa msk poltks bdg😂😂
    Ini email saya kak riesta0709@gmail.com

    BalasHapus
  65. Waah mataku jg minus ka huhu:( makasih banyak ka infonya sangat membantu. Oiya ka, saya boleh minta soal-soalnya? Ini emailnya julia. iezul@gmail.com

    BalasHapus
  66. makasih infonya kak. kak boleh minta soal sipenmaru yang 2011-2015? ini email saya linarahma98@outlook.com

    BalasHapus
  67. Makasih banget kak infonya.Saya lagi nyari soalsoal sipenmaru tahun lalu. Boleh saya minta soal sipenmaru 2011-2015 nya kak? ini email saya latibitita@gmail.com. Sama mau tanya-tanya, gak papa ya kak. Makasih seblumnya kak.:)

    BalasHapus
  68. kak aku boleh minta soal-soalnya untuk latihan ga? makasih sebelumnya kak:)

    BalasHapus
  69. kak boleh minta soal-soalnya ga? ini email saya astidwi. fajrin@yahoo. co. id
    terimakasih

    BalasHapus
  70. Ka saya juga pengen soal2nya,boleh?ini emailnya rahnayantidelis@gmail.com

    BalasHapus
  71. ka sama nih kaya aku, mata minus+tinggi badan kurang. makasih loh ka pengalamannya:) ka, aku boleh minta kumpulan soal"nya ga? kalo boleh ini email aku ka dindaalditha123@gmail.com. makasi sebelumnya ka:)♥

    BalasHapus
  72. Ka aku minta soal nya boleh ga? Email aku zulfanuraini2@gmail.com

    BalasHapus
  73. Waa makasih kak infonya :) boleh saya minta soal2 nya kak? Ini email saya rena.yolandaf.ryf@gmail.com

    BalasHapus
  74. Ka aku boleh minta soal-soalnya ga? Tahun ini aku mau daftar
    Ini email aku. Anisfitriah7@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  75. alhamdulillah makasih kak infonya
    boleh saya minta soal-soalnya kak? Ini email saya linakhairun9@gmail.com

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum kaa, mau nanya deh apa kalo masuk poltekkes matanya boleh minus? Minusku udh agak tinggi :( makasih kaa infonya. Saya mau soal2 juga boleh kaa? Makasih sebelumnya^^ hehe nadia.s.9431@gmail.com

    BalasHapus
  77. Kak tolong kirimin soal2 punya kakak yaa ke aku. trishaaramdani@gmail.com

    BalasHapus
  78. assalamualaikum kaa aku boleh minta latihan soal-soalnya ga ka? ini alamat email ku amatulloh_fadhilah@yahoo.com makasih ya kaa sebelumnya:))

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum kak hanifa,Kak aku boleh minta soal2 nya nggak kak? boleh yah kak^^ makasih sblmnya ya kak. Kalo boleh ini alamat email saya kak meuthiaramadhani533@yahoo.com makasih banget ya kak..Ditunggu balesan dan kiriman soalnya kak^^ ~makasih kakak...."

    BalasHapus
  80. Makasih banyak ka infonya. Boleh minta soal soal nya ga ka? Email aku evamelytasari@gmail.com makasih kaa

    BalasHapus
  81. kak aku minta soal soalnya boleh ngga ? ini email aku tiaraayustina9g@gmail.com makasih kak , ttep semangat ya ,.

    BalasHapus
  82. Kaa maaf ganggu sebelumny, ingin minta soal2 latihanya ka boleh gaa?? Emailnya silmisyifas99@gmail.com makasih banyak kaa

    BalasHapus
  83. Assalamualaikum kak,maaf sebelumnya kak aku jg mau soal" dong. Ini email ku kak rizkamariani06@gmail.com
    Syukron kak😊

    BalasHapus
  84. Aku jg mau dong kak dikirimi soalnya, email ku ini kak kharismadyah53@gmail.com
    Makasih kak😊

    BalasHapus
  85. Bismillaah,
    Maaf merepotkan kak sblmnya, aku jga mau soal" dong kak. Ini alamat emailnya rismaagistriany8@gmail.com

    BalasHapus
  86. Kak, aku juga mau soalnya kak. Makasih sebelumnya. Ini alamatnya fahmatanz123@gmail.com

    BalasHapus
  87. Makasih pengalamannya kak 😊 skrg kk kuliah dimanaa? Boleh minta soalnya kak? Aku tinggalkan emailku ya kak😊 shafirap7@gmail.com

    BalasHapus
  88. salam, tulisan sangat rinci, biki nyaman yg baca. kalo boleh, mau ikut belajar soal-soal yg thn sebelum-sebelumnya, terimakasih :)
    muhamad.alishandi@gmail.com

    BalasHapus
  89. ka makasih tentang pengalamannya, pasti sibuk banget ya ka aku mau minta soal yang kaka pake.
    ini email aku liabrmtk@gmail.com aku tunggu ya ka maaf mengganggu ka dan tolong doakan aku masuk poltekkes :))

    BalasHapus
  90. Assalamualaikum ka, maaf boleh aku minta soal-Soal poltekkes? 2011-2015. nisfakartika12345@gmail.com , makasi ya kak sebelumnya:))

    BalasHapus
  91. Ka aku boleh minta ga soal-soal poltekkes?makasih sebelumnya:)
    Ini email ku delimafibliyanti@gmail.com

    BalasHapus
  92. Ka aku boleh minta ga soal-soal poltekkes?makasih sebelumnya:)
    Ini email ku delimafibliyanti@gmail.com

    BalasHapus
  93. Ka aku boleh minta ga soal2 poltekes tahun 2011-2015 ? Ini email ku aliyanti77@gmail.com
    Makasih ka sebelumnya😊

    BalasHapus
  94. Ka aku boleh minta ga soal2 poltekes tahun 2011-2015 ? Ini email ku aliyanti77@gmail.com
    Makasih ka sebelumnya😊

    BalasHapus
  95. kak aku boleh minta soal-soal poltekkes 2011-2015? ini kak alamat emailnya dista.kusuma24@gmail.com. Makasih kak sebelumnya

    BalasHapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. Kak aku minta dong soal 2011 -2015 nya email : nailusyifa.sitta@gmail.com
    Makasih ka

    BalasHapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  99. kak aku boleh minta soal latihannya restiraudhatuljanah@gmail.com
    makasih kak

    BalasHapus
  100. Kak aku mau minta soal utul nya dong.... makasih kak

    BalasHapus
  101. Kak aku mau minta utul poltekes dong...ini email aku yolandakirana63@gmail.com... makasih kak

    BalasHapus
  102. Mau jg ka soalnya aravioletta@gmail.com. makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ara.. Mau tanya kamu udh di kasih??

      Hapus
  103. Mau juga dong kaa hanifa

    Fidiaaan@gmail.com

    BalasHapus
  104. kak aku mau kumpulan soalnya juga dong kak,
    aku ikut utul poltekkes bandung juga
    email: amelindaregina98@gmail.com

    oiya kak, untuk soal utul poltekkes per daerahnya beda gak sih kak? atau sama ?

    makasih..
    ditunggu jawaban nya yah kak :)

    BalasHapus
  105. Kak aku juga mau dong soalnya ada 😊 email nya: ifahanifa07@yahoo.co.id

    BalasHapus
  106. kaa aku juga mau dong soalnya emailnya: nitaufikaaprilia@gmail.com

    BalasHapus
  107. kaa aku boleh minta soal-soalnya ngga:(
    kalo boleh ini email aku yah faradilla13anggi@gmail.com
    makasih ya kak:)

    BalasHapus
  108. Kak aku juga minta latihan soalnya ya :)
    Ini email aku : @nurselay99@yahoo.com

    BalasHapus
  109. Eh maaf ka typo
    Harusnya nurselay99@yahoo.com

    BalasHapus
  110. kak aku juga minta soalnya ya kak :)) email : anditahandayani90@yahoo.com

    BalasHapus
  111. Makasih kak infonya berguna sekali. Kalo boleh, saya mau minta latihan soal-soalnya. Kirim ke fettyfauziah@gmail.com
    Ditunggu ya kak:)

    BalasHapus
  112. Mnta soal soalnya ka ini emailnya yhoonhoo@gmail.com

    BalasHapus
  113. Ka boleh minta kumpulan soalnya? Tolong kirim email ya ka leilaniabiyu1@gmail.com terimakasi kak

    BalasHapus
  114. Ka boleh minta kumpulan soalnya? Tolong kirim email ya ka leilaniabiyu1@gmail.com terimakasi kak

    BalasHapus
  115. Assalamu'alaikum
    Kaa aku juga mau kumpulan soal nya yaaa
    rradeliadewi@gmail.com

    BalasHapus
  116. Ka saya juga ingin kumpulan soalnya dong, makasih sebelumnya
    melinda160599@gmail.com

    BalasHapus
  117. makasih banyak kaa infonya sangat membantu sekali :) saya juga ingon dong soal - soal sipenmarunya ini alamat emailnya salmaanggraeniii@gmail.com

    BalasHapus
  118. Assalamu'alaikum
    Kaa aku juga mau kumpulan soal nya yaaa
    valdyrachdiand@gmail.com

    BalasHapus
  119. maksih kak sangat membantu sekali :) kak boleh minta soal soalnya? ini alamat emailnya miranurhayati23@gmail.com

    BalasHapus
  120. kak boleh minta kumpulan soalnya..
    novanda.virdiany@gmail.com
    makasii

    BalasHapus
  121. Haaloo kaa boleh minta soalnya tahun 2011-2015?
    Fitrihasri23@gmail.com

    BalasHapus
  122. Ka boleh minta soal yg 2015 kirim ke email aku dayulensakusuma@gmail.com thx kak ditunggu yah

    BalasHapus
  123. Kak mau juga dong soal2 nya disneyseoul@gmail.com makasih kaa

    BalasHapus
  124. wah info yang sangat berguna kak ;D jadi kalo mau tes kesehatan&psikotest itu tubuh harus bener" fit yaa.. btw aku boleh minta latihan soal" poltekkesnya gak kak? kirim ke email ajengsirf@gmail.com. terimakasih sebelumnya ;))

    BalasHapus
  125. Kak maaf boleh saya minta soalnya?ke indahthania@gmail.com
    Makasih kak

    BalasHapus
  126. Makasih ya ka infonya sangat membantu :) oiya kak maaf boleh minta kumpulan soalnya juga? Tolong ya kak ke hannaaudinafd@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  127. Hai kak salam kenal...
    Kak boleh minta soal2 nya???
    Ini email nya
    revytanovacandraningrum@gmail.com


    Makasih banyak ya kak :)))

    BalasHapus
  128. Hai kak salam kenal, boleh minta soal soalnya gak kak ini kak email nya @nurkhofifah271199@gmail.com


    Makasih ya kak

    BalasHapus
  129. kak, boleh minta soalnya gak? ini email aku rimasrih@gmail.com

    BalasHapus
  130. Ka boleh minta softfile soal soal nya. Ini email nya putriendah47@gmail.com

    BalasHapus
  131. Ka boleh minta softfile soal soal nya. Ini email nya putriendah47@gmail.com

    BalasHapus
  132. Ka boleh minta soalnya? Kalo boleh ini emailnya eckytrisnawati30@gmail.com
    Oh ia kalo soal dari tiap poltekkea itu beda", di buat dari satu lembaga untuk semuanya atau gimana ya ka?

    BalasHapus
  133. Mabak saya mau minta contoh soal nya, semoga berkenan.. ini emailnya
    kris.karyabhakti@gmail.com

    BalasHapus
  134. Ka boleh minta soalnya? klo bleh krim kak ke email aku nyimassitishofa39@gmail.com

    BalasHapus
  135. Assalamu'alaikum kak, boleh minta soal-soalnya ?
    ini e-mail nya winda2442@gmail.com
    terima kasih kak

    BalasHapus
  136. assalamualaikum, kak aku boleh minta soal utul gak?
    ini alamat email aku putringh.22@gmail.com

    BalasHapus
  137. Ka boleh minta soalnya? klo bleh krim kak ke email aku schwarz.zhu@gmail.com
    Plizz :)

    BalasHapus
  138. Kak boleh minta soalnya? Kalau boleh tolong kirim ke email saya ya kak nurrizkiameliapratamaixa@gmail.com
    Makasih kak sebelumnya :)😊😊

    BalasHapus
  139. ka mau minta tolong kirim soal utulnya ke firdauln@yahoo.com boleh? terimakasih sebelumnya:)

    BalasHapus
  140. assalamualaikum kaa..maaf kak,saya boleh minta soal utulnya ka? kalo boleh tolong dikirim ke email miftahkhoirunnisa@gmail.com yaa kak.. terimakasih banyak kak..

    BalasHapus
  141. Kak boleh minta kumpulan soal2 poltekkes gak ?
    Kalau boleh ini email saya kak lusianadarbakti@gmail.com
    Trimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  142. Kak boleh minta kumpulan soal2 poltekkes gak ?
    Kalau boleh ini email saya kak lusianadarbakti@gmail.com
    Trimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  143. Kak boleh minta kumpulan soal2 poltekkes gak ?
    Kalau boleh ini email saya kak lusianadarbakti@gmail.com

    BalasHapus
  144. Kak boleh minta kumpulan soal2 poltekkes gak ?
    Kalau boleh ini email saya kak lusianadarbakti@gmail.com

    BalasHapus
  145. ka boleh minta kumpulan soalnya ga? kalo boleh ini emailnnya ya ka meirikasukma000@gmail.com makasih sebelumnya

    BalasHapus
  146. kirimin soalnya nya juga dong kak dari thn 2014-2016 aja ke alt email vanmukmin85@gmail.com..kalo bs skr ya

    BalasHapus
  147. ka boleh minta kumpulan soal-soalnya ga? kebetulan tempat kaka waktu ujian sama denganku, doain aku ya ka, terimakasih. aulifasani14@gmail.com

    BalasHapus
  148. ka, boleh minta soal-soalnya? annishofiya48@gmail.com

    BalasHapus
  149. Ka boleh minta soal soalnya?
    deviiharyanti99@gmail.com

    BalasHapus
  150. assalamualaikum kaa , aku mau minta soalnya juga dong ka
    ini email aku .. salya.rahmatsani@asihputera.sch.id
    makasih ka ^^

    BalasHapus
  151. Masukkan komentar Anda...Assalamualaikum. Kak, aku juga mau minta soalnya. Ini email aku dhini.ndeo@gmail.com
    Makasih kak��

    BalasHapus
  152. Kak sy jug mau minta pdf soalnya irfandiwidia11@gmail.com
    trmksh:)

    BalasHapus
  153. Aku juga mau dong ka ke shaniasahra23@gmail.com ya makasihh

    BalasHapus
  154. Assalamualaikum kaa.
    Sebelumnya, aku ga mau minta soal kok hehe. Aku pengen nanya niih, makasih sebelumnya kaka udah mau share cerita pengalaman kaka.
    Jadi gini ka, di tahap 1 tes kemaren alhamdulillah aku udah lolos dan harus mengikuti teat tahap 2 dan 3. Kendala terbesar aku ada di test kesehatannya. Karna mint mata aku terbilang sudah cukup besar dan sekaranh aku pengguna kacamata.
    Di web sebelumnya aki baca, minta itu tidak berpengaruh asal tidak buta warna.
    Gimana yaa ka lebih jelasnya? Apakan mint mata yg cukup besar menjadi kendala yg berarti? Siapa tau kaka bisa membantu menjawab dari pengalaman kaka sebelumnya. Makasih yaa kaaa

    BalasHapus
  155. Aku juga mau dong ka contoh soalnya bisa dikirim ke wafasalsabila68@gmail.com

    BalasHapus
  156. Assalamualaikum ka,klu soal jurusan keperawatan sama analis kesehatan sma angga?klu sma boleh minta soalnya?
    Email:miradaal@gmail.com
    Makasihj

    BalasHapus
  157. kk boleh minta soal tes poltekenya: ) ke sini asihapriyani04@yahoo.com trmhksih

    BalasHapus
  158. assalamualaikum..
    ka maaf boleh saya minta soalnya?
    email: fitriah.nurfauziyah@yahoo.com
    Makasih kak

    BalasHapus
  159. Kak aku boleh minta soal soal dr tahun 2011-2015 tahun besok aku pingin bgt daftar sana kak😢 ini email aku alvianakhusnul0412@gmail.com sebelumnya makasih kak😊

    BalasHapus
  160. ka boleh minta soal soalnya? tahun besok aku mau daftar poltekkes juga soalnya:)
    email : fatimahazzahra655@gmail.com
    makasih banyak kaa

    BalasHapus
  161. Assalamu'alaikum kak, salam kenal yaa. Tulisan kakak sangat memotivasi. Boleh aku minta soal2 latihannya kak? Kalau gak keberatan, dikirim ke email : ulyalya223@gmail.com yaa. Hatur nuhun kak. Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  162. Assalamu'alaikum kak, aku mau minta soal-soalnya boleh kak?hehe, tolong kirimkan ke email : fettywulandari01@gmail.com ya kak�� terimakasih banyak kak, wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  163. Kak mau tanya, kalau masuk lewat ujian mandiri ada minus (-1) gak sih kak? Kalau tau tolong balas ya kak :) terima kasih

    BalasHapus
  164. assalamuallaikum, kak boleh minta soal-soalnya? saya tinggalkan alamat email saya haryanis68@gmail.com
    terima kasih kak hhe

    BalasHapus
  165. Kak saya boleh minta soal soalnya gak? Ini alamat email saya : mimaybaekhyun@yahoo.com Makasih kak

    BalasHapus
  166. Assalamualaikum ka, boleh mnta soal tidak heheh buat taun dpn ka

    BalasHapus
  167. Assalamualaikum kak, kak kalo soal2 poltekkes itu seluruh poltekkes indonesia soalnya sama kak?

    BalasHapus
  168. Permisi kak, aku boleh minta soal poltekkes nya ga? Ini alamat email ku wdari244@gmail.com
    Terima kasih ka:))

    BalasHapus
  169. kak aku minta berkas soalnya juga dong... email : miftamitamita22@gmail.com

    BalasHapus
  170. Assalamualaikum Kak aku boleh minta soalnya juga? ^^

    Nabila.noviyanti.p@gmail.com

    Terima kasih kak:)

    BalasHapus
  171. assalamualaikum ka, boleh minta soal"nya juga? hehe makasih ka infonya bener" membantu :'))
    karditarida@gmail.com

    BalasHapus