Psoriasis? Yang penting bahagia!

by - 22.19.00


Pada catatan sebelumnya, saya ini adalah salah satu pengindap Psoriasis (Baca : Psoriasis? Bertahan Berapa Lama?) yang sulit dan berat untuk penyembuhan total.

Saya hanya seorang gadis berumur 20 tahun dengan status mahasiswa, yang kesibukan sekarang adalah kuliah-organisasi.

Liburan semester genap, saya mendapat waktu untuk tinggal di rumah beberapa bulan. Dan saya pulang dengan psoriasis yang tak kunjung sembuh.

Sempat kemarin itu berfikir untuk berobat kembali (karena saran dari beberapa teman dan kakak tingkat) , tapi saya menahan diri untuk tidak ketergantungan dengan dokter, sebab saya pikir jadinya akan sama lagi, tak ada perubahan.

Karena saya punya banyak waktu luang dan bebas dari tugas berdeadline, saya mencoba mengurus dan merawat badan saya sendiri.

Saya pun mencoba memakai kembali dan membeli beberapa perlengkapan perawatan untuk melengkapi , seperti minyak zaitun, hand and body lotion, lulur mandi/scrub, dan minyak rambut tentunya. Saya juga mengganti yang biasa memakai sabun bayi batangan , menjadi sabun cair prawatan kulit dan puff (busa untuk sabun cair). Saya mencoba untuk rutin merawat badan saya kembali (karena semasa kuliah kurang leluasa untuk merawat heheh).

Selang seminggu perawatan rutin ala ala sederhana, psoriasis yang ada di tubuhku 100% HILANG semua! Ajaib bin Ajaib memang! Saya juga tidak menduga bahwa psoriasis saya bisa sembuh total tanpa obat sedikitpun dan olesan salep dari dokter.

Benar juga kata dokter, psoriasis bisa kambuh kalau stress, tapi kalau relaks, psoriasis tak bakal jadi.
Saya sangat bersyukur,Alhamdulillah.

Tapi, pernah waktu saya ikut dinas ortu saya di hotel, dan mandi pun dengan sabun batangan hotel seadanya dan saya lupa membawa peralatan perawatan ala ala saya, psoriasis malah kambuh dan berdarah-darah. Berarti solusi nya adalah ‘puff’ dan sabun cair serta minyak zaitun.

Yang terpenting bagi saya sekarang adalah me-relaks-an diri dan merawat badan dengan perawatan ala ala (hehehe, aslian Cuma rutin gosok2 + pakai lotion dan minyak zaitun aja kok)
Bagi penderita Psoriasis yang serupa siapa pun di sana, jangan menyerah ya! Semua penyakit pastia ada obatnya, dan semua masalah pasti ada solusinya.

Yang penting, hidup bahagia.

Semoga pengalaman saja bisa bermanfaat bagi teman-teman yang serupa dengan saya , dan lekas sembuh ;)

You May Also Like

1 komentar

  1. Kamu sabun cairnya nya pakai merek apa ya?
    Saya pasien psoriasis juga dan saya pakai sabun cusson baby. Terimakasih

    BalasHapus